kamu adalah pengunjung ke :

Selasa, 14 Juni 2011

KATA JANCOK DAN GATHEL


Sedikit pengetahuan dan pemahaman dari kata Jancok dan Gathel yg pernah aku baca dari sebuah buku bedha kota surabaya...Sebenarnya kata Jancok dan Gathel sendiri tidak mengandung arti kata apa apa...tidak ada penjelasan yg sahih mengenai kedua kata tersebut dan kata Jancok dan Gathel sendiri muncul pada jaman kependudukan Belanda di surabaya,pada saat itu kata Jancok dan gathel di gunakan sebagai ucapan salam hangat dan persahabatan pada waktu itu...karena seiring perkembangan jaman maka kata Jancok dan Gathel mengalami pembiasan makna yang cenderung bermakna negativ seperti kata umpatan,kata kata kotor,jorok,hinaan dan lain sebagainya....padahal sesungguhnya kata Jancok dan Gathel adalah salam hangatdan persahabatan..kenapa bisa jadi kata kata yg berkonotasi negativ begitu...??

Saya rasa itu karena ulah orang orang yg mengucapkan dan mendengarkannya...yg tidak memahami betul arti makna kata kata tersebut...

Jujur saya sebagai warga indonesia khususnya Surabaya sangat bangga dengan kata kata khas Surabaya tersebut...karena bagi saya kata kata tersebut menunjukkan karakter watak orang Surabaya yg sesungguhnya....Keras,Tegas dan bersahabat..tidak mau bertele tele dan selalumenjunjung tinggi nilai nilai kebersamaan dan persaudaraan....

Saya rasa cukup sekian dulu sedikit pemahaman saya mengenai kata Jancok dan Gathel yg saya ketahui dan saya pahami...salam hangat Jancok dan Gathel

12 komentar:

  1. Ya, sak keluargamu GATHEL kabeh

    BalasHapus
  2. mungkin bisa ditanyakan ke penutur bahsa aseli Jawa, apa arti jancuk dan gathel..
    secara harfiah (yg saya tahu).. JANCUK singkatan dari "JAN raine koyo kaCUK". kalau GATHEL adalah apa dalam biologis disebut Smegma. SIlakan cari arti kata 'smegma' di wikipedia. Sedangkan arti kata 'KACUK' dalam dialek jawa adalah 'kont**l'... begitu.

    maka ketika orang surabaya mengatakan itu dalam bahasa sehari2, penutur bahasa jawa dari daerah lain pasti mengerinyitkan dahi dan menganggap saru/pamali ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal mula kata Jancok ialah Encuk, berarti kenth* atau bersetubuh, dengan perkembangan Zaman, pengejaan banyak yg berubah, menjadi jancok jiancok gancok, dan ada juga yg mengeja dancok yang sbenarnya adalah di-encuk, atau di kenth* itu sendiri, sedangkan dalam bahasa madura "onyen", di jawa barat dan jakarta itu Kent*d

      Hapus
  3. FB : Gathel Cloth
    sedia aneka koas, Jemper, Topi, DLl Gathel

    BalasHapus
  4. FB : Gathel Cloth
    sedia aneka koas, Jemper, Topi, DLl Gathel
    Hp. 085 728 508 476

    BalasHapus
  5. FB : Gathel Cloth
    sedia aneka koas, Jemper, Topi, DLl Gathel
    Hp. 085 728 508 476

    BalasHapus